Khotbah (Teks)

     
  Batu Hidup, Batu Penolong Batu Hidup, Batu Penolong
Sep 26   Views: 1269
Eben-Haezer berasal dari bahasa Ibrani: Even-Ezer, yang artinya adalah batu penolong. Eben-Haezer dalam 1 Samuel 7:12 merupakan pengganti dari kota Eben-Haezer yang telah gagal (1 Samuel 4) di mana tabut Allah dirampas, menderita kekalahan dalam peperangan, dan telah terjadi ikabod (= kemuliaan Allah telah lenyap dari Israel).
Post a comment
  Ada Batu Hidup, Ada Kemuliaan Ada Batu Hidup, Ada Kemuliaan
Sep 21   Views: 2497
Suatu kebenaran Firman bila kita menjunjung tinggi Tuhan Yesus sebagai Kepala, baik dalam nikah, rumah tangga, maupun jemaat. Pada 1 Samuel 4:20-22, bangsa Israel (= jemaat) dikalahkan oleh bangsa Filistin dan keluarga imam Eli mengalami kedukaan yang dahsyat dengan matinya anak-anak iman Eli, Hofni dan Pinehas (= rumah tangga) saat mengangkat tabut Allah dalam perang, serta istri Pinehas harus melahirkan anaknya dalam kondisi yang demikian (= nikah). Secara fisik, kepala adalah kemuliaan pada manusia yang diciptakan Tuhan. Tanpa Kepala, semua kegagalan berarti ikabod, kemuliaan yang telah hilang. Jika Kristus menjadi Kepala, maka ada kabod atau kemuliaan Allah.
Post a comment
  Tuhan Yesus adalah Batu Hidup Tuhan Yesus adalah Batu Hidup
Sep 19   Views: 1868
Kristus adalah Kepala jemaat, Dia adalah Penyelamat dan Penolong kita, jemaat-Nya. Pertolongan Tuhan berlaku terus-menerus, sehingga kita dapat berkata, “Sampai sekarang Tuhan menolong kita (eben-haezer) .
Post a comment
  Kristus adalah Kepala, Penolong Kita Kristus adalah Kepala, Penolong Kita
Sep 14   Views: 2398
Kristus sebagai Kepala jemaat bagaikan seorang suami terhadap istrinya, yaitu bertanggung jawab untuk menyelamatkan atau menolong tubuh-Nya, sidang mempelai perempuan-Nya.
Post a comment
  Batu Penolong Batu Penolong
Sep 07   Views: 2350
Pertolongan Tuhan tidak hanya terjadi pada suatu waktu melainkan berkesinambungan atau terus-menerus sampai sekarang. Seperti ucapan Samuel setelah meletakkan batu di antara Mizpa dan Yesana: Eben-haezer, yaitu sampai di sini (sampai sekarang) Tuhan menolong kita. Eben-haezer berasal dari bahasa Ibrani yang artinya adalah batu penolong.
Post a comment