Khotbah (Teks)

     
  Buatlah Mataku Bercahaya Buatlah Mataku Bercahaya
Mar 16 at 3:13   Views: 1473
Kepada jemaat di Efesus Rasul Paulus dalam Efesus 5:14 mengingatkan agar senantiasa berjaga-jaga dan sadar serta mempergunakan waktu yang ada karena hari-hari ini adalah jahat. Untuk itu jangan kita bodoh tetapi mengerti kehendak Tuhan. Untuk dapat berjaga-jaga dan sadar pada ayat tadi dikatakan: "Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu.” Karena tidak mungkin kita akan dapat berjaga-jaga dan sadar jika kita dalam keadaan tidur bahkan mati. Itu sebabnya Daud dalam Mazmur 13:4-5 berkata: "Pandanglah kiranya, jawablah aku, ya TUHAN, Allahku! Buatlah mataku bercahaya, supaya jangan aku tertidur dan mati, supaya musuhku jangan berkata: "Aku telah mengalahkan dia,” dan lawan-lawanku bersorak-sorak, apabila aku goyah.”
Post a comment
  Berjagalah dan Sadar Berjagalah dan Sadar
Mar 16 at 3:11   Views: 1803

Keadaan dunia kita sekarang ini semakin gelap karena dosa, gelap bagaikan gelapnya malam. Oleh sebab itu kita harus senantiasa berjaga-jaga dan sadar, karena sebagaimana ditulis dalam 1 Tesalonika 5:1-2 bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam. Ini artinya bahwa kedatangan Tuhan Yesus pada saat malam hari, bukan malam secara alam ini, namun malam dalam arti keadaan dunia yang gelap karena dosa. Tidak ada seorang pun yang tahu kapan saatnya, sehingga kita memang harus berjaga-jaga dan sadar selalu. Kita sebagai gereja Tuhan juga harus waspada jangan sampai kegelapan dunia dibawa masuk dalam suasana ibadah kepada Tuhan. Gereja Tuhan harus menjadi terang bagi dunia, bukan sebaliknya.

Post a comment
  Berjaga-jagalah dan Tetap Sadar Berjaga-jagalah dan Tetap Sadar
Mar 16 at 3:07   Views: 1981
Kita harus senantiasa mengingat Tema kita dari Matius 24:44, "Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.” Kita harus tetap semangat dalam ibadah dan pelayanan kita, sehingga pada saat kedatangan-Nya kita dalam keadaan siap sedia. Ayat 36 dan 42 mengingatkan kedatangan Anak Manusia pada saat yang tidak kita duga. Itu artinya, tidak seorangpun tahu kapan Yesus datang. Siap sedia selain dapat diartikan kedatangan Yesus kelak, namun juga dapat diartikan kita harus selalu siap sedia pada saat Tuhan menjemput kita secara pribadi, kematian secara tubuh jasmani. Oleh sebab itu 1 Tesalonika 5:6-7 juga mengingatkan, kita harus berjaga-jaga dan sadar; "Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar. Sebab mereka yang tidur, tidur waktu malam dan mereka yang mabuk, mabuk waktu malam.”
Post a comment