Khotbah (Teks)

     
  Janganlah Gelisah Janganlah Gelisah
Okt 22 at 8:50   Views: 1368
Kehidupan manusia di dunia ini singkat umurnya dan penuh dengan kegelisahan. Segala keberhasilan dan kebanggaannya hanyalah bagaikan bunga yang berkembang namun segera layu, atau seperti bayang-bayang yang segera lenyap. Ayub 14:1-2 menyatakan: "Manusia yang lahir dari perempuan, singkat umurnya dan penuh kegelisahan. Seperti bunga ia berkembang, lalu layu, seperti bayang-bayang ia hilang lenyap dan tidak dapat bertahan.” Karena semuanya itu, manusia hidup tanpa ketenangan dan ketenteraman, tidak mendapat istirahat, yang ada hanyalah kegelisahan. Hal ini sesuai dengan Ayub 3:26, "Aku tidak mendapat ketenangan dan ketenteraman; aku tidak mendapat istirahat, tetapi kegelisahanlah yang timbul."
Post a comment
  Himpunan Besar Orang Banyak Himpunan Besar Orang Banyak
Okt 22 at 8:36   Views: 534
Kelak akan terjadi suatu himpunan besar orang banyak, yang tidak dapat terhitung banyaknya, yang telah ditebus dengan darah Anak Domba dari segala suku, bahasa, kaum dan bangsa. Tertulis dalam Wahyu 19:1 dan 6 "Kemudian dari pada itu aku mendengar seperti suara yang nyaring dari himpunan besar orang banyak di sorga, katanya: "Haleluya! Keselamatan dan kemuliaan dan kekuasaan adalah pada Allah kita, … Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.” Juga dalam Wahyu 5:9-10, "Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."
Post a comment
  Iman Abraham Iman Abraham
Okt 22 at 8:26   Views: 528
Dikisahkan dalam Kejadian 15:1, Abram yang nanti namanya menjadi Abraham dalam keadaan takut setelah menghadapi serangan dari raja-raja dari Timur. Oleh sebab itu Tuhan berfirman kepada Abram, Kemudian datanglah firman TUHAN kepada Abram dalam suatu penglihatan: "Janganlah takut, Abram, Akulah perisaimu; upahmu akan sangat besar." Hal ini juga sesuai dengan apa yang ditulis dalam Ibrani 13:5b-6, kita tidak perlu takut karena Tuhan menjadi Penolong kita, yang tidak pernah membiarkan dan meninggalkan kita.
Post a comment
  Tangan Kanan Tuhan Tangan Kanan Tuhan
Okt 22 at 8:22   Views: 819
Bangsa Israel dalam perbudakan di Mesir mengalami banyak kesengsaraan, kesukaran dan penindasan oleh Firaun. Semuanya ini merupakan usaha Firaun untuk menghalangi bangsa Israel beribadah kepada Tuhan. Tentang hal ini dapat kita baca dalam Ulangan 26:5-11. Namun seringkali ini menjadi pengalaman hidup kita, disadari atau tidak, kita telah diperbudak iblis untuuk bekerja mencari kebutuhan duniawi sampai tidak dapat melaksanakan ibadah dengan baik.
Post a comment