PAPMA "KASIH"
Perkumpulan Pengajaran Mempelai Alkitabiah "Kasih"
Register    
slide1
slide2
slide3
slide4

Okt
23

Gembala yang Baik

Gembala yang Baik
Uncategorized

Melalui ibadah kali ini, Tuhan masih mengingatkan janji-Nya yang luar biasa dalam Suratan Ibrani 13:5b-6, itulah di mana Tuhan telah berfirman untuk sekali-kali tidak membiarkan dan tidak meninggalkan kita dengan Dia mau menjadi Penolong kita selalu. Bahkan, janji ini diperkuat dalam Kisah Para Rasul 2:21-24 yang berkata bahwa barangsiapa berseru nama Tuhan pasti diselamatkan. Namun, kita perlu mengetahui dengan pasti bahwa Tuhan yang dimaksudkan adalah Yesus dari Nazaret. Tuhan Yesus yang kita kenal sanggup dan pasti memberikan pertolongan bagi kita karena Dia memiliki tanda kematian dan kebangkitan, sehingga pada-Nya ada kuasa, mujizat dan tanda-tanda ajaib.

Pribadi Tuhan yang sudah berfirman sekali-kali tidak membiarkan dan sekali-kali tidak meninggalkan kita, menunjukkan pribadi Tuhan sebagai Gembala yang baik bagi kita. Dalam Mazmur 95:7 dituliskan bahwa kitalah umat gembalaan-Nya dan kawanan domba tuntunan tangan-Nya.

Kitalah umat gembalaan-Nya, menunjukkan bukti bahwa Tuhan sekali-kali tidak membiarkan kita, asalkan kita mau memberikan diri untuk setia digembalakan. Sebagaimana pernyataan Tuhan dalam Yehezkiel 34:31,11-16 yang mengakui bahwa kita ini adalah domba-domba gembalaan-Nya. Bahkan dalam ayat 11-16 berulang kali ditekankan tentang perhatian Tuhan sebagai Gembala, antara lain Tuhan menyelamatkan kita dari hari berkabut dan hari kegelapan yang adalah gambaran permasalahan mengerikan yang terjadi di dunia ini. Tuhan juga memperhatikan kita dengan memberikan rumput yang subur dan tempat penggembalaan yang baik, yang menunjukkan pemeliharaan Tuhan baik secara rohani maupun jasmani. Terlebih, Tuhan juga sangat memperhatikan segala kelemahan-kelemahan kita sebagai domba, sehingga yang hilang akan dicari, yang tersesat akan dibawa pulang, yang luka dibalut, yang sakit dikuatkan, yang gemuk dan kuat akan selalu dalam perlindungan-Nya.

Sebagai kawanan domba tuntunan tangan-Nya menunjukkan bahwa Tuhan sekali-kali tidak meninggalkan kita, melainkan Tuhan mau selalu dekat kepada kita dengan menuntun tangan kita senantiasa. Dalam Yehezkiel 34:25-31 dituliskan bahwa sebagai domba tuntunan tangan-Nya kita diberi ketenangan dan ketentraman sehingga dapat tidur di hutan-hutan, bahkan kita dijadikan berkat dan dibebaskan dari perbudakan serta diberi taman kebahagiaan. Dan janji Tuhan ini terulang dalam Wahyu 7:17, di mana Tuhan sebagai Anak Domba akan menuntun kita ke mata air kehidupan dan Allah menghapuskan segala air mata dari mata kita, itulah kita dituntun sampai masuk kota Yerusalem Baru, seperti yang dapat kita baca dalam Wahyu 21:4,6.



Post a comment