PAPMA "KASIH"
Perkumpulan Pengajaran Mempelai Alkitabiah "Kasih"
Register    
slide1
slide2
slide3
slide4

Apr
20

Kelahiran Baru dalam Air dan Roh

Kelahiran Baru dalam Air dan Roh
Uncategorized
Yohanes 3:5-7, "Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.”

Suatu tegoran yang keras Yesus sampaikan kepada seorang tokoh agama, yaitu Nikodemus. Setiap orang yang tidak dilahirkan dari air dan Roh, tidak akan dapat masuk dalam Kerajaan Allah. Kelahiran baru merupakan sesuatu yang mutlak, harus terjadi di dalam kehidupan kita jika kita ingin masuk Kerajaan Allah. Sekalipun sudah berseru kepada nama Tuhan, bahkan sudah bernubuat, mengusir setan dan melakukan banyak mujizat demi nama Tuhan, itu tidak merupakan jaminan dapat masuk Kerajaan Sorga. Tanpa kelahiran baru, di mata Tuhan adalah orang yang jahat. Hal ini dapat kita baca dalam Matius 7:21-23, "Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Tuhan tidak mengenal orang yang tidak dilahirkan baru, sekalipun dia berseru kepada nama Tuhan. Dan tentunya setiap orang yang boleh masuk Kerajaan Sorga adalah orang yang dikenal Tuhan. Kelahiran baru harus dalam tanda air dan Roh. Tanda air adalah baptisan air. Setiap orang yang dibaptis mengalami hidup yang baru. Roma 6:2-4 mengatakan, "Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya? Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.” Jika kita sudah mengalami kelahiran baru melalui tanda baptisan, jangan kita kembali lagi kepada kehidupan yang lama.

Selain dalam tanda air, kelahiran baru juga dikerjakan oleh Roh Kudus. Kelahiran baru terjadi bukan karena perbuatan baik kita, tetapi oleh karena kemurahan Tuhan bagi kita. Sebagaimana Titus 3:4-7 menyebutkan, "Tetapi ketika nyata kemurahan Allah, Juruselamat kita, dan kasih-Nya kepada manusia, pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus, yang sudah dilimpahkan-Nya kepada kita oleh Yesus Kristus, Juruselamat kita, supaya kita, sebagai orang yang dibenarkan oleh kasih karunia-Nya, berhak menerima hidup yang kekal, sesuai dengan pengharapan kita.” Jika kita dilahirkan baru, maka kita berhak menerima hidup yang kekal, kita berhak masuk dalam Kerajaan Sorga. Sehingga hidup kita sekarang adalah hidup yang mempunyai pengharapan.

Tuhan akan memberikan hati yang baru dan roh yang baru, serta menjauhkan hati yang keras dari hidup kita. Tuhan memberikan hati yang taat terhadap Firman Tuhan serta berpegang pada peraturan-peraturan-Nya. Jika kita mau taat pada Firman Tuhan, maka Tuhan akan melimpahkan berkat-Nya kepada kita. Dalam segala usaha kita pasti berhasil, kita tidak akan menderita kelaparan atau krisis ekonomi. Ditulis dalam Yehezkiel 36:24-26, "Aku akan menjemput kamu dari antara bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari semua negeri dan akan membawa kamu kembali ke tanahmu. Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya. Dan kamu akan diam di dalam negeri yang telah Kuberikan kepada nenek moyangmu dan kamu akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu. Aku akan melepaskan kamu dari segala dosa kenajisanmu dan Aku akan menumbuhkan gandum serta memperbanyaknya, dan Aku tidak lagi mendatangkan kelaparan atasmu. Aku juga memperbanyak buah pohon-pohonanmu dan hasil ladangmu, supaya kamu jangan lagi menanggung noda kelaparan di tengah bangsa-bangsa.”

Berkat yang Tuhan limpahkan sudah luar biasa, Dia akan memulihkan segala kegagalan kita. Sehingga tanah yang tandus akan berubah menjadi seperti taman Eden, kota-kota yang sunyi sepi dalam keruntuhan akan menjadi kubu. Ini merupakan janji Tuhan bagi kita, dan pasti Dia tepati sebagaimana Dia janjikan dalam Yehezkiel 36:35-36, "Sebaliknya mereka akan berkata: Tanah ini yang sudah lama tinggal tandus menjadi seperti taman Eden dan kota-kota yang sudah runtuh, sunyi sepi dan musnah, sekarang didiami dan menjadi kubu. Dan bangsa-bangsa yang tertinggal, yang ada di sekitarmu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang membangun kembali yang sudah musnah dan menanami kembali yang sudah tandus. Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan akan membuatnya.”

Marilah kita tinggalkan hidup yang lama di dalam dosa, kita harus mengalami kelahiran baru. Dan kita akan lihat serta mengalami bagaimana Tuhan memberkati kita dengan keberhasilan dan kebahagiaan. Haleluya!




Post a comment