PAPMA "KASIH"
Perkumpulan Pengajaran Mempelai Alkitabiah "Kasih"
Register    
slide1
slide2
slide3
slide4

Okt
23

Tuhan Tidak Membiarkan dan Meninggalkan Kita

Tuhan Tidak Membiarkan dan Meninggalkan Kita
Uncategorized

Janji Tuhan begitu luar biasa yaitu bahwa Tuhan sudah berfirman Dia sekali-kali tidak akan membiarkan kita dan Dia juga sekali-kali tidak akan meninggalkan kita, seperti yang dapat kita baca dalam suratan Ibrani 13:5b-6. Karena kita sudah meyakini janji Tuhan ini, maka kita pun dapat dengan penuh keyakinan berkata bahwa Tuhan adalah Penolongku, aku tidak akan takut, apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?

Dalam Mazmur 118:5-7 kita juga makin dikuatkan, bahwa dalam masa kesesakan, apabila kita mau berseru kepada Tuhan, maka Tuhan akan menjawab kita dengan memberi suatu kelegaan atau perhentian bagi kita. Janji Tuhan untuk tidak membiarkan dan tidak meninggalkan kita ini bukan saja terdapat dalam perjanjian baru, namun juga bisa kita dapatkan dalam kitab perjanjian lama, itulah dalam Kitab Ulangan 31:6-8 di mana pada saat itu Tuhan berjanji kepada bangsa Israel untuk berjalan di depan mereka sampai mereka menduduki Tanah Kanaan sehingga mereka tidak perlu takut ataupun patah hati dalam menghadapi berbagai tantangan perjalanan menuju negeri perjanjian tersebut. Tuhan mau berjalan di depan berarti bahwa Tuhan mau menjadi pemimpin, penanggung jawab, Dia mau menjadi Kepala bagi kita.

Karena kita sudah begitu diyakinkan tentang janji Tuhan tidak akan membiarkan dan tidak akan meninggalkan kita, maka dalam Ibrani 10:25 kita juga diingatkan Tuhan, jangan kita meninggalkan atau membiarkan Tuhan dengan kita mau lebih setia dalam melaksanakan pertemuan-pertemuan ibadah kita. Ibadah kita harus semakin meningkat mengingat bahwa hari kedatangan Tuhan yang sudah semakin mendekat.

Janji Tuhan untuk tidak membiarkan dan tidak meninggalkan kita ini dijelaskan secara lebih rinci dalam Efesus 5:28-29. Tuhan tidak membiarkan kita berarti Tuhan sebagai Suami mau mengasuh kita, dan hal ini menunjukkan pemeliharaan Tuhan yang selalu dinyatakan kepada kita. Tuhan tidak meninggalkan kita memiliki suatu pengertian bahwa Tuhan mau merawati kita sebagai tubuh-Nya, dan hal ini menunjukkan bahwa Tuhan mau menunjukkan pembelaan-Nya selalu bagi kita. Sehingga kita simpulkan, bahwa bila Tuhan tidak membiarkan dan tidak meninggalkan kita, berarti Tuhan mau menyatakan pembelaan dan pemeliharaan-Nya, Tuhan mau menyatakan kasih Mempelai bagi kita sekalian.

Kasih Tuhan ini begitu luar biasa bagi kita karena dalam Yesaya 41:10-14 kita diingatkan bahwa keberadaan kita di mata Tuhan begitu lemah, digambarkan hanya bagaikan cacing dan ulat saja. Karena itu, Tuhan memberikan janji yang sangat kuat untuk menolong kita. Amin.



Post a comment