Khotbah (Teks)

     
  Sungai Air Kehidupan Sungai Air Kehidupan
Nov 05 at 9:33   Views: 9645
Saat melihat sebuah sungai yang airnya mengalir jernih, pernahkah terlintas dalam pikiran kita, dari mana asalnya? Secara umum diketahui sungai berasal dari mata air atau sumber air yang mengalir sampai ke laut. Dalam Alkitab pun dituliskan bahwa di kota Yerusalem Baru, ada sebuah sungai yang airnya jernih bagaikan kristal (Wahyu 22:1-5). Sungai itu bermata air atau bersumber dari takhta Allah atau takhta Anak Domba. Airnya adalah "air kehidupan” yang terus mengalir dan tidak pernah kering. Sesuai dengan sebutannya sebagai "air kehidupan”, air dari sungai ini memberikan kehidupan. Pohon-pohon yang tumbuh di kedua tepi sungai tersebut dinamakan pohon-pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali dan daunnya berkhasiat untuk menyembuhkan. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa sumber air kehidupan mendatangkan berkat kehidupan, kesembuhan, dan keselamatan.
Post a comment
  Bersyukurlah Sebab Tuhan itu Baik Bersyukurlah Sebab Tuhan itu Baik
Nov 05 at 9:35   Views: 2753
Air pahit berubah menjadi air manis seperti secangkir kopi pahit yang diberi gula, tentu hal yang biasa. Namun, bila peristiwa tersebut dialami oleh Bangsa Israel saat berada di Mara, seperti tertulis dalam Keluaran 15:23-25, ini merupakan perkara ajaib. Peristiwa itu menunjukkan bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan.
Post a comment
  Menerima dengan Cuma-Cuma, Membagi dengan Cuma-Cuma Menerima dengan Cuma-Cuma, Membagi dengan Cuma-Cuma
Nov 05 at 9:54   Views: 5231
Segala yang kita miliki pada hari ini adalah berkat dari Tuhan, dan Dia memberikan segala yang kita perlukan dengan cuma-cuma, seperti air kehidupan yang berupa Firman  hidup dan sanggup menyegarkan, juga memuaskan hidup kita. Untuk itu, bagi kita yang sudah menikmati berkat Firman air hidup ini, kita pun harus membagikan kepada yang lain dengan cuma-cuma, agar banyak orang juga dapat menikmati berkat tersebut.
Post a comment
  Jalan yang Lurus Jalan yang Lurus
Nov 17 at 3:22   Views: 4269
Sebagai orang Kristen pernahkah kita merenungkan,  apa tujuan hidup kita dan mengapa percaya kepada Tuhan Yesus? Apakah sekedar untuk selamat, diberkati dan merasa damai saja? Memang, semua itu bisa kita peroleh di dalam Tuhan Yesus. Akan tetapi, apabila kita hanya mencari keselamatan, berkat, dan damai tanpa diarahkan untuk mencapai suatu tujuan yaitu masuk ke Yerusalem Baru, maka kehidupan itu bagaikan orang yang mengembara, tanpa tujuan. Mazmur 107:4-5 menulis akibat mengembara tanpa tujuan rohani menjadi lapar dan haus sehingga jiwa menjadi lemah lesu dan mudah berputus asa.
Post a comment
  Mencari Tuhan Mencari Tuhan
Nov 20 at 9:35   Views: 5219
Rambu-rambu lalu lintas adalah tanda atau petunjuk yang digunakan dalam perjalanan agar sampai pada tujuan dengan aman dan selamat. Pelanggaran terhadap rambu-rambu lalu lintas akan berakibat kecelakaan bahkan bisa berujung maut atau kematian. Demikian juga perjalanan kekristenan kita bagai berjalan di jalan untuk mencapai suatu tujuan, yaitu masuk Kota Yerusalem Baru (Sorgawi).  Perjalanan tersebut juga memerlukan rambu-rambu agar tetap berada pada jalan Tuhan yang  bisa membawa kita sampai pada tujuan.
Post a comment
  Pertolongan Tuhan yang Ajaib Pertolongan Tuhan yang Ajaib
Nov 20 at 10:28   Views: 7905
Saat menghadapi pergumulan, kesesakan atau beban yang berat dalam hidup kita, apakah yang dapat kita lakukan? Kepada siapakah kita berteriak minta tolong? Kepada teman atau keluargakah? Sekalipun banyak saudara, teman dekat yang kita miliki, tidak menjamin bahwa mereka selalu ada dan sanggup menolong kita. Satu hal yang pasti, kita harus ingat bahwa manusia memiliki keterbatasan. Apabila kita berharap pertolongan manusia, kita bisa kecewa dan tidak mendapatkan pertolongan. Namun bersyukur kita memiliki Tuhan yang hidup, yang selalu ada untuk memberikan pertolongan.
Post a comment
  Haruslah Kamu Sempurna Haruslah Kamu Sempurna
Nov 21 at 10:34   Views: 3621
Sempurna. Satu kata ini, mewakili banyak hal keinginan manusia di dunia ini. Contoh sederhana pada diri kita sendiri, saat kita berdandan dan mempersiapkan diri untuk suatu acara, maka yang kita harapkan adalah agar penampilan kita sempurna saat dilihat oleh banyak orang di sekitar kita. Contoh selanjutnya, dalam segi teknologi kita melihat kemajuan produksi dengan dibuatnya alat-alat baru yang modern dan canggih melebihi alat-alat yang sudah ada. Semuanya dimaksudkan untuk mendapat hasil yang sempurna.
Post a comment
  Berbalik dan Bertobat Berbalik dan Bertobat
Nov 23 at 12:44   Views: 5535
Di dunia ini sebenarnya manusia berada di antara dua pilihan. Apakah di pihak benar dan kudus atau di pihak jahat dan cemar, sama seperti ada dua "bapa”, yaitu Allah Bapa di Sorga yang sempurna dalam kebenaran dan kekudusan, ataukah bapa iblis yang sempurna dalam kejahatan dan kecemaran. Tentu kita  akan memilih menjadi anak-anak dari Allah Bapa di Sorga, untuk itu kita harus memperhatikan apa yang menjadi kehendak Allah Bapa dari hidup kita. Allah Bapa di Sorga menghendaki kita sempurna dalam kebenaran dan kekudusan sama seperti Dia, supaya kita layak dibawa ke gunung kudus, itulah Gunung Sion dengan Kota Yerusalem Baru di mana ada kelimpahan air kehidupan di dalamnya yang memancar keluar dari mata air kehidupan.
Post a comment